Jumat, 04 April 2014

Kantor

1. pengertian
menurut KBBI, adalah balai (gedung, rumah,ruang) tempat mengurus suatu pekerjaan (perusahaan); tempat kerja.
kantor merupakan suatu unit organisasi yang terdiri dari tempat personil dan operasi ketatausahaan.
2. Tujuan Kantor
memberikan pelayanan komunikasi dan perekaman.
3. fungsi kantor
a. Menerima informasi
b. Merekam informasi
c. Mengatur informasi
d. Memberi informasi
e. Melindungi aset/harta
3. Kegiatan kantor
a. perencanaan perkantoran (office planing)
1). Perencanaan gedung
2). Tata ruang kantor
3). Penerangan/pencahayaan
4). Ventilasi
5). Perlengkapan peralatan dan perabotan kantor
6). Metode- metode dan standarisasi pekerjaan kantor
7). Anggaran (budgeting) perkantoran
8). Standar kualitas kerja
9). Sistem informasi dan telekomunikasi
b. Pengorganisasi perkantoran (office organizing)
1). pembagian tugas dan pekerjaan agar lebih efisien dalam organisasi/perusahaan
2). Pemeliharaan hubungan kerja yang baik dengan atasan ataupun bawahan
3). Penyediaan peralatan/perlengkatan yang tepat, sesuai dengan jenis pekerjaan untuk memudahkan karyawan dalam melakukan pekerjaan

4. Pengarahan perkantoran (office actuating)
1). penggunaan teknik yang efektif dalam melakukan pengawasan tehadap bawahan
2). Penggunaan teknik yang efektif dalam memberikan motivasi terhadap bawahan
3). Pemberian bantuan kepada karyawan dalam memecahkan masalah ketika karyawan menghadapi kesulitan dalam pekerjaan
4). penyatuan visi, misi karyawan dan organisasi
5). Perancangan cara komunikasi yang efektif dengan karyawan, agar komunikasi antara atasan dengan bawahan dapat berjalan lancar
6). penggunaan tolak ukur yang adil dalam meemberikan gaji kepada karyawan
c. Pengawasan perkantoran (office Controlling)
1). penggunaan peralatan dan perabot kantor
2). metode- metode dan staandarisasi pekerjaan kantor
3). kualitas pekerjaan kantor
4). pelayanan kantor
5). waktu
6). biaya perkantoran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar